PETUNJUK UMUM MENGATASI GANGGUAN PADA MOBIL
Petunjuk umum mengatasi gangguan pada mobil bertujuan untuk membantu
bagi Anda pemula dalam hal service mobil untuk mendeteksi kerusakan jika
mobil Anda mengalami gangguan. Tentu saja materi artikel ini tidak
ditujukan bagi mekanik-mekanik yang sudah profesional, karena kami hanya
akan membahas penanganan sederhana terhadap gangguan yang paling sering
dialami pada mobil. Kami tidak akan menguraikan secara teknis untuk
masing-masing jenis gangguan, sebatas memberikan petunjuk untuk
mendeteksi gangguan pada mobil Anda.
Jenis gangguan mobil : mesin mobil tidak bisa berputar saat distart
Gangguan tersebut disebabkan oleh :
- Sakelar pengapian yang rusak, sehinga mengakibatkan pembakaran
awal tidak berjalan. Untuk mengatasi gangguan tersebut Anda bisa
menyambungkan aki dengan terminal starter menggunakan kabel langsung.
Jika setelah disambungkan terdengan bunyi “klik” pada kumparan, berarti
kontak mobil mengalami kerusakan. Sebaiknya ganti kontak tersebut dengan
kontak baru.
- Daya dari aki tidak terhubung, kemungkinan sambungan aki putus atau
longgar atau aki kosong. Jika hal ini yang menjai penyebab, segera
tangani sesuai dengan kondisi pada aki.
- Pada mobil-mobil bertransmisi, kemungkinan juga terjadi kerusakan
pada sakelar pengaman netral, segera perbaiki sakelar tersebut.
- Jika relay pada starter berbunyi klik, tetapi mesin tetap tidak
berputar, maka periksalah sambungan starter tersebut. Kemungkinan
sambungan starter rusak atau terputus.
Jenis gangguan mobil : mesin mobil berputar saat distart tetapi mobil tidak mau hidup
Gangguan tersebut disebabkan oleh:
- Jika mobil menggunakan platina, kemungkinan platina rusak atau
terbakar, segera periksa bagian platina, jika ditemukan kerusakan,
segera ganti dengan yang baru.
- Terjadinya konsleting atau hubungan pada menara-menara atau terminal
distributor. Bersihkan distributor tersebut, atau Anda bisa mengantinya
dengan distributor yang baru.
- Koil atau kabel-kabel bertegangan tinggi mengalami disfungsi,
biasanya diakibatkan karena basah, bersihkan bagian-bagian tersebut,
atau jika tetap tidak bisa digunakan, ganti dengan yang baru.
- Kebocoran pada kondensor, untuk memastikannya, periksa bagian
distributor dan kondensor menggunakan multitester. Pastikan seluruh
sambungannya dalam keadaan baik. Jika ditemukan kerusakan, segera ganti
dengan kabel baru.
- Kerusakan pada kumparan koil, jika hal ini terjadi, maka pengapian
akan terhambat. Untuk mendeteksi kerusakan tersebut, Anda bisa
melakukannya dengan mencabut kap distributor, kemudian dekatkan dengan
blok mesin dengan jarak kurang lebih satu centimeter. Jika tidak
ditemukan lompatan api saat mobil distart, atau ditemukan lompatan api
tapi terlalu kecil atau lemah, kemungkinan terjadi kerusakan pada
sirkuit primer ataupun koil.
- Tahanan primer tidak tepat, pemeriksaan dilakukan pada kabel atau
balast tahap primer menggunakan alat pengetes multitester. Periksa
apakah terjadi penurunan voltage atau tidak. Lihat standar voltage
pabrik pada merk yang digunakan. Untuk melakukan pemeriksaan cepat
apakah unit tahanan primer rusak atau tidak dapat dilakukan dengan
menyambukan sirkuti primer dengan kabel langsung tanpa melalui tahanan
tersebut. Jika unit tahanan primer rusak, ganti dengan yang baru.
Jenis gangguan mobil : mesin mobil sulit distart
Gangguan tersebut disebabkan oleh:
- Pengapian busi lemah, bersihkan dan stel busi atau ganti dengan
busi yang baru. Periksa juga bagian platina dan kawat sirkuti primer,
kemungkinan terjadi kerusakan.
- Sirkuit koil terjadi korsleting dengan massa, kemungkina diakibatkan
oleh kabel yang terbuka. Untuk mengatasi gangguan tersebut dilakukan
dengan menyambungkan lampu penguji 110 volt pada terminal primer koil.
Jika lampu tersebut menyala, berarti sirkuit koil primer dalam kondisi
baik. Namun, jika tidak menyala, kemungkinan terjadi korsleting akibat
kabel terbuka atau bisa juga kaber putus. Segera ganti denga yang baru.
- Kabel busi rusak, biasanya terjadi kebocoran pada kabel busi,
sehingga pengapian yang dihasilkan lemah. Untuk memastikannya, ukur
tahanan pada kabel busi tersebut. Jika terlalu tidak sesuai dengan
standar pabrik, segera ganti dengan yang baru.
- Aki kekurangan daya atau terlalu lemah, ganti dengan yang baru, atau bisa diisi ulang.
- Starter atau selenoid rusak, perbaiki atau isi baru.
- Suplai bahan bakar ke karburator kurang, perbaiki karburator atau ganti dengan karburator baru.
Jenis gangguan mobil : mesin mobil sulit distart jika mesin dalam keadaan panas
Gangguan tersebut disebabkan oleh:
- Kebocoran pada kabel busi, periksa dan ganti dengan yang baru.
- Cuk dalam kondisi tertutup, kemungkinan bisa macet tidak kembali ke posisi semula. Periksa dan perbaiki.
- Kerusakan pada motor starter atau kebel-kabel penghubungnya, periksa dan perbaiki atau ganti dengan yang baru.
- Mesin mobil terlalu panas, sehingga tidak bisa berputar, periksa bagian pendingin atau radiator.
Jenis gangguan mobil : mesin mobil sulit distart jika mesin dalam keadaan dingin
Gangguan tersebut disebabkan oleh:
- Salah satu komponen pengapian tidak berfungsi maksimal,
periksalah seluruh bagian pengapian. Jika ditemukan kerusakan, segera
perbaiki atau bisa diganti.
- Daya aki kurang, atau lemah, segera isi kembali aki, jika sudah tidak memungkinkan, ganti dengan yang baru.
- Cuk macet, periksa dan lepas.
- Oli mesin terlalu kental, ini sangat berbahaya bagi mesin mobil Anda. Segera ganti dengan oli baru.
Komentar
Posting Komentar