Dunia OTOMOTIF tidak terlepas dari tentang permesinan . disini saya akan berbagi sebagian yang saya miliki untuk sekedar berbagi ilmu pengetahuan tentang permesinan .
Apa itu mesin ? mesin adalah suatu alat yang bisa dioprasikan oleh seorang operator baik secara personal maupun secara tim untuk melakukan suatu pekerjaan atau tindakan .
pada kesempatan ini saya akan membahas tatacara perbaiakan mesin dari yang mulai perbaikan berat sampai yang berbaikan ringan .
Transmisi otomatis
Dapatkan link
Facebook
X
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
-
Seiring dengan kondisi jalanan yang semakin padat beberapa
tahun belakangan ini, jumlah permintaan terhadap mobil dengan transmisi
otomatis semakin besar belakangan ini. Para pengguna mobil tampaknya
tidak ingin capek menginjak kopling dan semakin malas menggerakkan tuas
persneling jika keadaan jalan sedang padat atau macet. Mobil dengan
transmisi otomatis akan memanjakan pengendaranya, tanpa harus menginjak
kopling, dan sering-sering menyentuh tuas persneling.
Tetapi apakah anda tahu bagaimana sebenarnya cara kerja transmisi
otomatis? Nah bagi anda yang belum paham, artikel ini akan membahas
dengan singkat bagaimana cara kerja transmisi otomatis pada mobil. Pada
mobil-mobil yang beredar di pasaran saat ini, secara garis besar
mempunyai dua jenis sistem transmisi otomatis yaitu Continously Variable Transmission (CVT) dan Torque Converter. Penjelasannya berikut kami jabarkan di bawah.
Torque Converter
Jenis transmisi otomatis yang satu ini paling banyak diaplikasikan pada mobil-mobil. Contoh transmisi otomatis torque converter ini bisa anda temukan pada Toyota Yaris dan Suzuki Ertiga matic. Pada sistem transmisi ini terdapat tiga komponen utama yang harus ada untuk mendukung kerja transmisi, yaitu torque converters, planetary gear set, dan hydrauliccontrol unit. Perangkat torque converter Torque converter ini sebenarnya mempunyai fungsi yang hampir sama dengan kopling pada mobil bertransmisi manual. Lalu planetary gear set. Perangkat ini memiliki susunan gigi yang juga dimiliki oleh mobil bertransmisi manual, tetapi planetary gear set melakukan
perpindahan gigi sendiri, tidak diperintah oleh pengemudi melalui tuas
perneling seperti transmisi manual. Perpidahan otomatis ini dilakukan
oleh seperangkat gigi yang menghasilkan rasio gigi yang berbeda-beda.
Sedangkan fungsi dari hydraulic control unit adalah
untuk mengkontrol kopling. Jika pada mobil bertransmisi manual kopling
di kontrol oleh kaki pengemudi, pada mobil transmisi otomatis jenis torque converter kopling dikontrol oleh hydraulic control unit.
Continuously Variable Transmission (CVT)
Pasti anda sudah sering mendengar istilah ini, karena sistem
transmisi otomatis ini versi sederhananya bisa anda temukan pada sepeda
motor matic yang banyak beredar di pasaran. Berbeda dengan torque converter, pada
perangkat CVT sudah tidak ditemui lagi gigi-gigi karena perangkat
ini menggunakan puli dan sabuk baja sebagai komponen utama pengggerak
transmisi. Sebagai pengganti gigi, sistem CVT menggunakan pemberat atau
biasa disebut roller untuk membebani putaran mesin sesuai dengan tinggi atau rendahnya putaran. Ilustrasi transmisi CVT
Karena tidak menggunakan gigi-gigi, maka perpindahan naik saat
putaran mesin meninggi hampir tidak terasa seperti yang terjadi pada
sistem torque converter. Rasanya hampir sama dengan saat mengendarai sepeda motor matic, halus
dan tidak terasa sentakan perpindahan giginya. Contoh mobil di
Indonesia yang menggunakan transmisi CVT adalah seperti Honda Mobilio,
Toyota Prius Hybrid dan All New Camry. Sebagian besar mobil Hybrid telah
menggunakan transmisi CVT karena lebih halus dan bisa membuat irit
bahan bakar.
Kekurangan dan Kelebihan
Jika berbicara tentang kelebihannya, sistem transmisi CVT selain
memiliki perpindahan yang lebih halus, pengemudi juga tidak memerlukan
RPM tinggi untuk mendapatkan tenaga besar, tentunya dengan pemakaian
normal seperti di dalam kota. Lalu dengan RPM mobil yang jarang tinggi
ini akan membuat mobil dengan transmisi CVT lebih irit bahan bakar,
dibandingkan dengan mobil dengan sistem transmisi torque converter.
Sedangkan kekurangannya, bagi pengemudi yang suka dengan akselerasi
cepat pasti akan merasa tidak puas saat mengemudikan mobil menggunakan
transmisi CVT. karena mobil dengan transmisi CVT ini rasanya akan
sedikit lelet jika dibandingkan dengan sistem transmisi torque converter. Pada sistem transmisi torque converter, mobil akan terasa lebih responsif dalam akselerasi dibandingkan dengan mobil bertransmisi CVT.Kelebihan lain dari sistem torque converter ini
adalah biaya perawatan yang lebih murah. Kekurangannya, mobil akan
terasa hentakannya saat perpindahan gigi, lalu untuk engine brake, torque converter tidak sebagus CVT dan rasanya sedikit agak los kalau posisi tranmisi di D (Drive). Sebaiknya, saat melewati jalan menurun tajam mode transmisi dipindah menggunakan mode manual M +/- atau D, 3, 2, L.
Pelumas memegang peranan penting dalam desain dan operasi semua mesin otomotif. Umur dan service yang diberikan oleh mobil tergantung pada perhatian yang kita berikan pada pelumasannya. Pada motor bakar, pelumasan bahkan lebih sulit dibanding pada mesin-mesin lainnya, karena di sini terdapat panas terutama di sekitar torak dan silinder, sebagai akibat leadakan dalam ruang pembakaran. Tujuan utama dari pelumasan setiap peralatan mekanis adalah untuk melenyapkan gesekan, keausan dan kehilangan daya. Tujuan lain dari pelumasan pada motor bakar adalah: 1. Menyerap dan memindahkan panas. 2. Sebagai penyekat lubang antara torak dan silinder sehingga tekanan tidak bocor dari ruang pembakaran. 3. Sebagai bantalan untuk meredam suara berisik dari bagian-bagian yang bergerak. Pada sisitem pelumasan terdapat beberapa macam sistem yang saling melengkapi agar terjadinya pelumasan yang baik di...
Silinder head merupakan bagian penting dalam sebuah komponen mesin karena pada bagian ini berfungsi sebagai penutup lubang silinder selain itu silinder head berfungsi sebagai tempat noken as (camshaft) dan valve (katup) . ketika oli tersumbat dan tidak dapat melumasi bagian camshaft ( naken as ) kadang-kadang dapat menyebabkan patah atau dudukan noken as nya rusak dan menyebabkan noken as tersebut menjadi longgar sehingga menimbulkan suara yang tidak enak didengar ketika mesin di hidupkan . Cara mengatasinya adalah dengan meratakan dudukan noken as yang rusak sehingga menjadi rata kembali tapi jika mengganti noken as dengan yang baru tentu saja tidak dapat dipasang karena tempat noken as tersebut sudah over size jadi penyelesaiannya adalah dengan cara membubut noken as tersebut kemudian membuat bos dan memasukannya ke noken as dan mengelasnya menggunakan kawat steinles agar proses penyatuannya sempurna berikutnya mengukur t...
Bulldozer, salah satu jenis paling terkenal peralatan konstruksi dan umumnya disebut sebagai mesin-meratakan tanah sebuah ”, digunakan untuk menjadi mesin utama konstruksi yang digunakan di lokasi konstruksi. Namun, meratakan tanah adalah salah satu elemen dari beragam jenis pekerjaan yang dilakukan di lokasi konstruksi hari ini, termasuk penggalian, pemuatan pasir dan kerikil ke dalam truk dump dan mengangkat bahan konstruksi berat. Hydraulic excavator bahkan menjadi lebih mudah karena mereka dapat melakukan semua tugas ini sendiri. Boom/Stick Option A. SHIPPING LENGTH OF UNIT 31.5 ft in 9605 mm C. SHIPPING HEIGHT OF UNIT 10.4 ft in 3180 mm I. MAX CUTTING HEIGHT 31.7 ft in 9670 mm J. MAX LOADING HEIGHT 22.4 ft in 6830 mm K. MAX REACH ALONG GROUND 30.3 ft in 9250 mm L. MAX VERTICAL WALL DIGGING DEPTH 17.4 ft in 5300 mm M. MAX DIGGING DEPTH 2...
Komentar
Posting Komentar