CARA MENGATASI PERMASALAHAN PADA SILINDER HEAD
Silinder head merupakan bagian
penting dalam sebuah komponen mesin karena pada bagian ini berfungsi sebagai
penutup lubang silinder selain itu silinder head berfungsi sebagai tempat noken
as (camshaft) dan valve (katup) . ketika oli tersumbat dan tidak dapat melumasi
bagian camshaft ( naken as ) kadang-kadang dapat menyebabkan patah atau dudukan
noken as nya rusak dan menyebabkan noken as tersebut menjadi longgar sehingga
menimbulkan suara yang tidak enak didengar ketika mesin di hidupkan . Cara
mengatasinya adalah dengan meratakan dudukan noken as yang rusak sehingga menjadi
rata kembali tapi jika mengganti noken as dengan yang baru tentu saja tidak
dapat dipasang karena tempat noken as tersebut sudah over size jadi
penyelesaiannya adalah dengan cara membubut noken as tersebut kemudian membuat
bos dan memasukannya ke noken as dan mengelasnya menggunakan kawat steinles
agar proses penyatuannya sempurna berikutnya mengukur tempat noken as yang
sudah diratakan tadi kemudian menyelip noken as tadi agar pas ketika dimasukan
ke dalam tempat noken as tadi .
proses penyenteran dudukan camshaft |
Ketika suhu mesin naik diatas normal
bisa jadi silinder head menjadi penyebabnya . Ini dikarenakan saluran air pada
silinder head masuk pada ruang bakar atau lubang silinder jadi ketika piston
sedang melakukan langkah kompresi kemudian kompresi tadi masuk ke dalam saluran
air tersebut yang menyebabkan air di radiator tersembur keluar dan ini yang
mengakibatkan meningkatya suhu mesin secara mendadak . Cara mengatasi hal
seperti ini adalah dengan cara membuka
silinder head tersebut kemudian lihat packing silinder headnya . bagian mana
yang bocor pasti kelihatan ,biasanya packing tersebut akan terlihat hitam
terbakar . Silinder head yang sudah terkena panas seperti ini pasti bagian
tengahnya akan centang mungkin sekilas
tidak dapat terlihat dengan mata tapi ketika di tarik benang maka bagian
tengahnya akan mengangkang atau terlihat centang . Silinder head seperti ini
harus di ratakan menggunakan machine grinding untuk meratakan kembali bagian
permukaan yang centang . Kemudian pada saat pemasangan silinder head
menggunakan packing kringrid dan memakai gasket hal ini bertujuan supaya ketika
silinder head terpasang baudnya maka akan tertekan dan gasket tersebut akan
menutupi bagaian yang terisi udara jadi sangat tidak mungkin terjadi kebocoran
lagi.
proses pengelasan camshaft |
Kebocoran kompresi sering terjadi
yang disebabkan oleh silinder head . ini dikarenakan terjadi kebocoran pada
valve yang sudah tidak menututup atau ada celah yang masuk ketika piston sedang
melakukan langkah kompresi . cara mengatasi dengan cara mengontrol valve yang
bocor tadi kemudian menyekir valve tersebut
sehingga valve dapat menutupi settingan pada lubang intake atau exhause
. Kebocoran komprsi juga bisa terjadi karena valve sudah tipis atau dudukan
valve (setting) sudah menipis . cara
mengatasi hal seprti ini dengan cara mengganti setting tersebut dan mengganti
valve dengan yang baru sehingga kemungkinan bocor sangat kecil di karenakan
semua yang terpasang adalah spare part baru . Yang perlu di perhatikan adalah
pada saat penyekiran . ini adalah yang paling penting karena jika terjadi
kebocoran akan sangat fatal akibatnya .
Itulah
sebagian kecil macam-macam permasalahan dan cara mengatasinya yang sering
terjadi di dunia otomotif semoga bermanfaat .
Wassalam.
Cara untuk mencegah kepala silinder melengkung
BalasHapus