CARA MENGATASI PERMASALAHAN PADA SILINDER HEAD





           Silinder head merupakan bagian penting dalam sebuah komponen mesin karena pada bagian ini berfungsi sebagai penutup lubang silinder selain itu silinder head berfungsi sebagai tempat noken as (camshaft) dan valve (katup) . ketika oli tersumbat dan tidak dapat melumasi bagian camshaft ( naken as ) kadang-kadang dapat menyebabkan patah atau dudukan noken as nya rusak dan menyebabkan noken as tersebut menjadi longgar sehingga menimbulkan suara yang tidak enak didengar ketika mesin di hidupkan . Cara mengatasinya adalah dengan meratakan dudukan noken as yang rusak sehingga menjadi rata kembali tapi jika mengganti noken as dengan yang baru tentu saja tidak dapat dipasang karena tempat noken as tersebut sudah over size jadi penyelesaiannya adalah dengan cara membubut noken as tersebut kemudian membuat bos dan memasukannya ke noken as dan mengelasnya menggunakan kawat steinles agar proses penyatuannya sempurna berikutnya mengukur tempat noken as yang sudah diratakan tadi kemudian menyelip noken as tadi agar pas ketika dimasukan ke dalam tempat noken as tadi .
proses penyenteran dudukan camshaft



            Ketika suhu mesin naik diatas normal bisa jadi silinder head menjadi penyebabnya . Ini dikarenakan saluran air pada silinder head masuk pada ruang bakar atau lubang silinder jadi ketika piston sedang melakukan langkah kompresi kemudian kompresi tadi masuk ke dalam saluran air tersebut yang menyebabkan air di radiator tersembur keluar dan ini yang mengakibatkan meningkatya suhu mesin secara mendadak . Cara mengatasi hal seperti ini  adalah dengan cara membuka silinder head tersebut kemudian lihat packing silinder headnya . bagian mana yang bocor pasti kelihatan ,biasanya packing tersebut akan terlihat hitam terbakar . Silinder head yang sudah terkena panas seperti ini pasti bagian tengahnya akan  centang mungkin sekilas tidak dapat terlihat dengan mata tapi ketika di tarik benang maka bagian tengahnya akan mengangkang atau terlihat centang . Silinder head seperti ini harus di ratakan menggunakan machine grinding untuk meratakan kembali bagian permukaan yang centang . Kemudian pada saat pemasangan silinder head menggunakan packing kringrid dan memakai gasket hal ini bertujuan supaya ketika silinder head terpasang baudnya maka akan tertekan dan gasket tersebut akan menutupi bagaian yang terisi udara jadi sangat tidak mungkin terjadi kebocoran lagi.

proses pengelasan camshaft
            Kebocoran kompresi sering terjadi yang disebabkan oleh silinder head . ini dikarenakan terjadi kebocoran pada valve yang sudah tidak menututup atau ada celah yang masuk ketika piston sedang melakukan langkah kompresi . cara mengatasi dengan cara mengontrol valve yang bocor tadi kemudian menyekir valve tersebut  sehingga valve dapat menutupi settingan pada lubang intake atau exhause . Kebocoran komprsi juga bisa terjadi karena valve sudah tipis atau dudukan valve (setting)  sudah menipis . cara mengatasi hal seprti ini dengan cara mengganti setting tersebut dan mengganti valve dengan yang baru sehingga kemungkinan bocor sangat kecil di karenakan semua yang terpasang adalah spare part baru . Yang perlu di perhatikan adalah pada saat penyekiran . ini adalah yang paling penting karena jika terjadi kebocoran akan sangat fatal akibatnya .
Itulah sebagian kecil macam-macam permasalahan dan cara mengatasinya yang sering terjadi di dunia otomotif semoga bermanfaat .
Wassalam.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem pelumasan mesin

CARA MENGATASI PANAS BERLEBIHAN (OVER HEATING) PADA MESIN