CARA NENINGKATKAN TENAGA MESIN DIESEL
Banyak cara untuk meningkatkan tenaga mesin mobil diesel mulai dari cara yang paling sederhana hingga cara yang tergolong mahal. Mesin diesel sepertinya sudah menjadi primadona baru untuk dibedah lebih dalam karena masih banyak potensi yang bisa digali dari mesin tanpa busi ini. Tidak heran semakin banyak orang yang tergolong dalam "Diesel Freak" alias penggila mesin diesel yang terus meningkatkan kinerja mobil diesel milik nya.
Selain itu, banyak juga memodifikasi mesin diesel dengan mengupgradenya dengan bermain pada software mobil diesel. Kilikan elektronik ini cukup efektif mengatur pasokan bahan bakar pada waktu dan jumlah yang lebih pas sesuai dengan keinginan. Penambahan Water-Methanol Injection acapkali menjadi pilihan karena hal ini paling mudah dan instan di dalam menambah tenaga. Namun, kalau ingin perubahan total bisa menyentuh hampir semua sektor seperti mengganti rumah keong agar tekanan turbo menggila dan mengupgrade dengan menambahkan ECU after market.
1. Mengganjal Wastegate
Hanya dengan menambahkan ring pada wastegate |
.
Cara paling sederhana meningkatkan performa dengan melakukan oprekan / perubahan pada wastegate. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengganjal wastegate dengan ring agar posisinya lebih mundur daripada posisi standart bawaan mobil.
Posisi wastegate yang lebih mundur sekitar 2-3 mm menimbulkan efek gerbang lebih berat untuk membuka saat boost berlangsung. Otomatis sisa boost yang seharusnya sudah terbuang masih ikut tersedot ke ruang bakar. Akan terasa sekali akselarasi di gigi awal lebih padat karena turbocharger tetap konstan ngeboost pada putaran mesin yang lebih lama.
2. Piggyback dan Stand Alone ECU
Piggy back yang plug n play |
Sudah banyak piggyback yang beredar di pasaran, mulai dari yang plug dan play sampai yang programmable alias harus menggunakan settingan manual sehingga mencapai hasil maksimal atau hasil yang diinginkan.
Adapun keuntungan menggunakan piggyback yang plug and play (salah satunya, merk Power Plug) adalah instalansi yang mudah sehingga tidak merusak garansi mesin dari pabrikan mobil. Sedangkan keunggulan piggyback programmable bisa disesuaikan dengan settingan mesin, kita dapat mengatur injector pulse (daya semprot injector) danfuel pressure (tekanan solar)
Piggyback yang dipasang masih bergandengan dengan ECU Standart mobil, sedangkan pada stand alone ECU khusus untuk mengatur mesin sedangkan ECU standar hanya dipakai untuk mengatur komponen lainnya seperti AC, Elektrik mobil. Dengan menggunakan ECU stand alone, beberapa variabel dapat dimaksimalkan seperti menaikan redline yang tidak bisa diatur oleh piggyback
3. Turbo Kit
Turbo Kit |
Untuk Turbo kit sendiri memiliki spesifikasi yang berbeda-beda untuk setiap mobil karena konstrusi setiap mobil berbeda-beda dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal harus dipadukan dengan piggyback ataupun Stand Alone ECU.
4. High Flow Air Filter
Prinsip kerja mesin turbo diesel adalah memasok udara sebanyak-banyaknya ke ruang bakar. Tidak heran apabila sistem penyaring udara alias air filter harus bagus dan selalu dalam keadaan bersih. Gunakan air filter yang bisa memasok debit udara dalam jumlah besar atau sering disebut high flow air filter atau biasa disebut open air filter.
Di pasaran sudah tersedia beragam merk dan jenis sesuai kebutuhan, mulai dari yang berbentuk orisinal pabrik hingga model pot air filter (kerucut), merk ternama seperti K&N, JFC, Simota dan Hurricane sudah mensupport tipe open air filter untuk mesin diesel. Selain memasok udara dalam jumlah banyak, open air filter dapat dicuci bila sudah kotor.
5. Downpipe Free Flow
Mesin turbo diesel zaman sekarang didesain untuk tetap ramah lingkungan, oleh karena itu pabrikan resmi menyematkan piranti Catalytic Converter persis pada saluran gas buang di turbocharger (downpipe). Padahal catalytic converter, khususnya yang sudah kotor sangat menghambat performa karena sisa gas buang yang keluar ikut terhambat.
Cara mudah mengantisipasinya, mengganti catalytic converter dengan downpipe model polos alias free flow. Sisa gas buang bisa plong hingga ke ujung knalpot tanpa terhambat sama sekali. Pemasangan downpipe free flow sendiri tergolong mudah dan tanpa melakukan perubahan sama sekali terhadap spesifikasi mobil.
6. Water-Methanol Injection
Cara yang lebih advance mempertahankan peak power mesin turbo diesel adalah dengan cara menyemprotkan kabut methanol dan H20 (air) ke dalam ruang bakar. Prinsipnya adalah meredam suhu tinggi yang terjadi di seputaran intake manifold hingga ruang bakar agar performa maksimal tidak drop atau boyo.
Bermodal tabung berisi campuran methanol dan air, pompa bertekanan tinggi dan nozzel khusus yang dibenamkan ke belalai intake. Dan dari pengalaman menggunakan peralatan ini di drag race, suhu tinggi mesin akibat proses detonasi bisa diturunkan hingga 25%.
6 pilihan cara untuk mengupgrade / meningkatkan tenaga mobil diesel :
Jadi apakah anda siap untuk membuat lebih kencang lagi mobil diesel anda ? Semoga 6 cara meningkatkan tenaga dari mesin diesel dapat menjadi panduan untuk mengoprek lebih dalam mobil toyota diesel kesayangan anda. Meskipun banyak yang bilang bahwa mobil diesel memiliki banyak permasalahan tetapi seperti mobil diesel memang sedang menjadi trend di tahun 2013 ini.
Komentar
Posting Komentar