CARA MENGATASI PANAS BERLEBIHAN (OVER HEATING) PADA MESIN




Assalamualikum wr.wb .
Dalam sebuah mesin berbahan bakar,suhu panas memang wajar terjadi . Tapi apa jadinya jika sebuah mesin berbahan bakar memiliki panas yang berlebihan ?  Tentu saja akan mempengaruhi preforma mesin itu sendiri terutama pada bagian system kerja piston pada ruang bakar . karena di dalam sebuah mesin terdapat jaringan system sirkulasi air sebagai pendingin kinerja mesin dan oli sebagai system pelumasan .
 Pada umumnya air didalam sebuah mesin itu befungsi sebagai pendingin oli ,pendingin kerja piston dan menjaga suhu mesin agar tetap normal supaya preforma mesin masih bisa terjaga . Dan yang menyebabkan suhu pada mesin bisa meningkat drastic adalah menguapnya air didalam mesin itu sendiri . Itu dikarenakan karena berbagai fakor misalnya
1.      Penyumbatan air di radiator karena lama tidak di kuras ,yang menyebabkan air yang masuk ke dalam mesin sirkulasinya terganggu . cara menanggulanginya gampang , cukup dengan sering mengganti air radiator dengan rutin namun apabila air radiator lama tidak di ganti sebaiknya membuka radiator kemudian membawa radiator tersebut ketukang radiator untuk dikuras.
2.      Pasokan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar sedikit . yang dimaksud demikian adalah terlalu irit dalam mengatur bahan bakar .Jadi ketika piston sedang bekerja di dalam lubang silinder bahan bakar yang ada dalam lubang silinder tersebut perbandingannya sedikit dan mengakibatkan mesin cepat panas karena gesekan mesin . jadi cara mengatasinya adalah penyetelan secara normal agar preforma mesn stabil dan mesin bisa awet .
3.      Termostat yang tidak berfungsi . Apabila ini terjadi sebaiknya menggantiya karena jika sampai membuka atau membuang thermostat akan mengakibatkan lubang siinder  atau blok mesin tersebut permukaan didalamnya akan retak karena akibat perubahan suhu yang sekaligus terkena kepermukaan didalam blok mesin itu . fungsi thermostat sendiri adalah sebagai penjaga suhu mesin agar tetap stabil ,jadi apabila suhu yang ada didalam mesin meningkat maka thermostat akan membuka katup kemudian air yang dingin yang ada di atas masuk mengganti air yang panas didalam mesin kemudian air yang panas tersebut masuk kedalam radiator untuk didinginkan oleh kipas dan kemudian masuk lagi kedalam mesin begitu juga seterusnya.
4.      Terjadi kebocoran pada selang radiator dan terjadi kebcoran pada  paking saluran air , ini yang sangat fatal dan yang  sangat tidak diinginkan karena jika kebocoran ini tidak di ketahui sang pemilik mesin dan menyebakan hilangnya air yang ada didalam mesin tersebut menyebabkan panas yang berlebihan . Akibat yang ditimbulkan tentu saja sudah pasti preforma mesin menjadi hilang dan terjadi kebocoran yang sampai masuk ke dalam ruang bakar yang berakibat retaknya lubang silinder karena air dapat menyebabkan karat .
5.      Tali kipas yang mengendur , ini juga bisa menjadi penyebab suhu mesin menjadi meningkat . karena proses sirkulasi air di dalam mesin menjadi lambat dan air yang berada di dalam radiator tidak tertiup kipas yang terpasang pada poros water pump luar.
Apabila panas berlebihan ini berangsung lama maka akan mengakibatkan piston mengecil ukurannya karena mengerut dan menyebabkan silinder head menjadi centang atau tidak rata jadi kompresi pada lubang silinder jadi hilang atau berkurang . caramengatasi silinder head centang adalah dengan cara membongkarnya kemudian membawanya ke bengkel mesin untuk di sleep permukaan nya menggunakan mesin agar rata kembali seperti semula .

silinder head yang sedang dipasang seat ring

Pada saat pemasangan silinder head di sarankan menggunakan packing kringrid .Packing kringrid di pilih karena teksturnya yang halus dan lembut jadi jika di pasang pada silinder head yang sudah di sleep tadi tidak menimbulkan kebocoran karena packing tersebut di disain tebal karena menjadi penggati bekas sleep akibat permukaan yang tidak rata tadi jadi piston tidak mungkin bisa menyentuh silinder  head pada saat piston berada diatas (top up) atau pada saat piston sedang melakukan langkah kerja dan langkah buang . Apabila sampai mengenai silinder head maka akan mengakibatkan suara yang tidak enak didengar dan mengakibatkan valve menjadi patah atau bengkok karena piston itu sendiri ,da nada juga yang sampai pistonnya bolong akibat hantaman itu sendiri . Untuk itu packing kringrid cocok sekali dipakai pada silinder head yang sudah di sleep . Dan tidak lupa juga memakai gasket supaya tidak ada kebocoran kompresi ,keboran oli ataupun air yang masuk ke ruang bakar ataupun bahkan masuk ke dalam jalur system pelumasan .
Mungkin cukup sekian yang bisa saya sampaikan semoga yang membaca artikel ini menambah wawasannya . Apabila ada yang kurang dipahami bisa mengubungi saya untuk konsultasi .

Wassalam .

Komentar

  1. Packing kingrid itu yg bagaimana,bahanya pakai apa,,,kalau buat jenis truck elf nmr 71 ada ga y bosss,,,

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum sigra saya sudah di papas silinder head bagaimana cara nya supaya mesin tidak panas terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGATASI PERMASALAHAN PADA SILINDER HEAD

Sistem pelumasan mesin