CARA MENGATASI PANAS BERLEBIHAN (OVER HEATING) PADA MESIN
Assalamualikum wr.wb .
Dalam sebuah mesin berbahan bakar,suhu panas memang wajar
terjadi . Tapi apa jadinya jika sebuah mesin berbahan bakar memiliki panas yang
berlebihan ? Tentu saja akan mempengaruhi
preforma mesin itu sendiri terutama pada bagian system kerja piston pada ruang
bakar . karena di dalam sebuah mesin terdapat jaringan system sirkulasi air
sebagai pendingin kinerja mesin dan oli sebagai system pelumasan .
Pada umumnya air didalam
sebuah mesin itu befungsi sebagai pendingin oli ,pendingin kerja piston dan
menjaga suhu mesin agar tetap normal supaya preforma mesin masih bisa terjaga .
Dan yang menyebabkan suhu pada mesin bisa meningkat drastic adalah menguapnya
air didalam mesin itu sendiri . Itu dikarenakan karena berbagai fakor misalnya
1. Penyumbatan air di radiator karena
lama tidak di kuras ,yang menyebabkan air yang masuk ke dalam mesin
sirkulasinya terganggu . cara menanggulanginya gampang , cukup dengan sering
mengganti air radiator dengan rutin namun apabila air radiator lama tidak di
ganti sebaiknya membuka radiator kemudian membawa radiator tersebut ketukang
radiator untuk dikuras.
2. Pasokan bahan bakar yang masuk ke
ruang bakar sedikit . yang dimaksud demikian adalah terlalu irit dalam mengatur
bahan bakar .Jadi ketika piston sedang bekerja di dalam lubang silinder bahan
bakar yang ada dalam lubang silinder tersebut perbandingannya sedikit dan
mengakibatkan mesin cepat panas karena gesekan mesin . jadi cara mengatasinya adalah
penyetelan secara normal agar preforma mesn stabil dan mesin bisa awet .
3. Termostat yang tidak berfungsi .
Apabila ini terjadi sebaiknya menggantiya karena jika sampai membuka atau
membuang thermostat akan mengakibatkan lubang siinder atau blok mesin tersebut permukaan didalamnya
akan retak karena akibat perubahan suhu yang sekaligus terkena kepermukaan
didalam blok mesin itu . fungsi thermostat sendiri adalah sebagai penjaga suhu
mesin agar tetap stabil ,jadi apabila suhu yang ada didalam mesin meningkat
maka thermostat akan membuka katup kemudian air yang dingin yang ada di atas
masuk mengganti air yang panas didalam mesin kemudian air yang panas tersebut
masuk kedalam radiator untuk didinginkan oleh kipas dan kemudian masuk lagi
kedalam mesin begitu juga seterusnya.
4. Terjadi kebocoran pada selang
radiator dan terjadi kebcoran pada
paking saluran air , ini yang sangat fatal dan yang sangat tidak diinginkan karena jika kebocoran
ini tidak di ketahui sang pemilik mesin dan menyebakan hilangnya air yang ada
didalam mesin tersebut menyebabkan panas yang berlebihan . Akibat yang
ditimbulkan tentu saja sudah pasti preforma mesin menjadi hilang dan terjadi
kebocoran yang sampai masuk ke dalam ruang bakar yang berakibat retaknya lubang
silinder karena air dapat menyebabkan karat .
5. Tali kipas yang mengendur , ini juga
bisa menjadi penyebab suhu mesin menjadi meningkat . karena proses sirkulasi
air di dalam mesin menjadi lambat dan air yang berada di dalam radiator tidak
tertiup kipas yang terpasang pada poros water pump luar.
Apabila panas berlebihan ini berangsung lama maka akan mengakibatkan
piston mengecil ukurannya karena mengerut dan menyebabkan silinder head menjadi
centang atau tidak rata jadi kompresi pada lubang silinder jadi hilang atau
berkurang . caramengatasi silinder head centang adalah dengan cara
membongkarnya kemudian membawanya ke bengkel mesin untuk di sleep permukaan nya
menggunakan mesin agar rata kembali seperti semula .
silinder head yang sedang dipasang seat ring |
Pada saat pemasangan silinder head di
sarankan menggunakan packing kringrid .Packing kringrid di pilih karena
teksturnya yang halus dan lembut jadi jika di pasang pada silinder head yang
sudah di sleep tadi tidak menimbulkan kebocoran karena packing tersebut di
disain tebal karena menjadi penggati bekas sleep akibat permukaan yang tidak
rata tadi jadi piston tidak mungkin bisa menyentuh silinder head pada saat piston berada diatas (top up)
atau pada saat piston sedang melakukan langkah kerja dan langkah buang .
Apabila sampai mengenai silinder head maka akan mengakibatkan suara yang tidak
enak didengar dan mengakibatkan valve menjadi patah atau bengkok karena piston
itu sendiri ,da nada juga yang sampai pistonnya bolong akibat hantaman itu
sendiri . Untuk itu packing kringrid cocok sekali dipakai pada silinder head
yang sudah di sleep . Dan tidak lupa juga memakai gasket supaya tidak ada
kebocoran kompresi ,keboran oli ataupun air yang masuk ke ruang bakar ataupun
bahkan masuk ke dalam jalur system pelumasan .
Mungkin cukup sekian yang bisa saya
sampaikan semoga yang membaca artikel ini menambah wawasannya . Apabila ada
yang kurang dipahami bisa mengubungi saya untuk konsultasi .
Wassalam .
Packing kingrid itu yg bagaimana,bahanya pakai apa,,,kalau buat jenis truck elf nmr 71 ada ga y bosss,,,
BalasHapusAssalamualaikum sigra saya sudah di papas silinder head bagaimana cara nya supaya mesin tidak panas terima kasih
BalasHapus