CARA MENGECEK DUDUKAN POROS CRANK SHAFT DAN PENYETELANNYA



  Assalamualakum wr.wb.
        Mudahan kita semua masih diberikan kesehatan serta nikmat supaya bisa membaca artikel ini.Dalam sebuah mesin yang menjadi kekuatan mesin berumur panjang atau  pendek tergntung dalam penyetelan sebuah poros yang berhubungan menggerakan semua komponen di dalam sebuah mesin .Poros tersebut adalah CRANK SHAFT (Kruk As) . Kruk as berfungsi sebagai poros utama didalam sebuah mesin berbahan bakar yang menggerakan komponen utama seperti piston yang menjadi jantung didalam sebuah mesin .Tentunya kinerja kruk as sendiri menjadi sangat vital didalam sebuah mesin berbahan bakar ,untuk itu dalam penyetelan kruk as harus benar-benar teliti dan di perlukan pengukuran yang sangat tepat . Dalam proses pembersihan komponen kruk as diperukan ketelitian serta kesabaran karena didalam kruk as terdapat lubang-lubang oli yang sangat berperan penting untuk pelumasan bantalan supaya kruk as tidak cepat aus ,dan bantalan pada kruk as (metal)  berguna ketika kruk as mulai aus tidak menyebabkan permukaan kruk as lecet , karena jika permukaan kruk as lecet maka tidak akan  beputar sempurna .

preses penyenteran

         Ketika permukaan  kruk as sudah mulai lecet otomatis bantalan kruk as tersebut akan aus yang mengakibatkan cepat habis karena gesekan yang terlalu besar dari kruk as . untuk itu sebaiknya dalam proses pembersihan kruk as harus benar-benar steril dari bubuk serpihan bantalan (gram)  karena jika dalam proses pembersihan tidak  bersih maka kotoran yang menempel di dalam lubang-lubang kruk as akan keluar dan bahayanya akan masuk ke dalam bantalan kruk as tersebut yang mengakibatkan kerusakan pada permukaannya ,lama kelamaan  dudukan poros kruk as tersebut akan longgar dan akan mengakibatan getaran ketika mesin sedang di hidupan jika keadaan ini terus dipaksakan maka  akan membuat kruk as tersebut menjadi patah terbagi dua .
        Pada perstiwa tersebut seorang teknisi  akan bingung karena tidak tahu apakah dudukan poros kruk as masih baik atau tidak . Sebagai tenaga profesional  sebaiknya  harus bisa membaca alat-alat ukur misalnya micrometer , dial indicator , sigmat dsb. Karena itu akan sangat membantu ketika penyetelan mesin agar hasil yang diinginkan akurat dan sesui standar pabrik . Biasanya seorang teknisi akan membawa blok mesin tersebut ke bengkel mesin . Orang yang ahli di dibidang ini adalah tukang senter blok .Tukang senter blok ini biasanya mengetahui bagian mana yang rusak dan bagaian mana yang mesti diperbaiki . Untuk itu seorang teknisi berpengalaman seharusnya bisa menguasai cara-cara pengukuran dudukan poros kruk as jadi ketika membongkar mesin ditempat yang jauh dari bengkel mesin dia setidaknya dapat mengetahui dudukan poros kruk as sudah longer atau sudah tidak sesuai ukuran atau tidak .

peralatan alat ukur 
       Ketika semua komponen sudah di cuci bersih seorang tekisi yang akan merakit sebuah mesin terlebih dahulu akan meyetel poros dudukan piston (stang seher) ketika poros stang seher sudah di pasang di kruk as nya kemudian membuka kembali stang seher tersebut . Itu bertujuan untuk melihat aliran oli yang mengalir pada banatalan tersebut apakah aliran olinya sudah merata atau belum , jika belum berarti poros stang seher tersebut  terjadi pergeseran akibat terkena dampak panas gesekan didalam mesin.
proses center selesai
       Sesudah penyetelan pada poros jalan (kruk as bagaian jalan) selesai maka akan dilakukan penyetelan di bagian dudukan poros duduk ini juga sama pentingnya karena poros kruk as adalah komponen utama yang menggerakan bagian utama sebuah mesin berbahan bakar . untuk itu dalam proses penyetelan ini semua komponen harus benar-benar bersih karena kunci suskes mesin akan berjalan lancar dan bertahan lama tergantung pada penyetelan bagian ini dan kebersihannya juga dapat dipertanggung jawabkan .
      Itulah sedikit ilmu tentang cara mengetahui dudukan poros kruk as sudah aus atau masih bisa di gunakan dan bagaimana cara melakukan penyetelan supaya mesin yang kita rakit bertahan lama dan bekerja sesuai fungsinya .
    Jika pada kesempatan ini  ada yang kurang di pahami , saya dengan senang hati dapat menjawab keluhan teman-teman semua  tentang masalah yang dihadapi dalam proses penyetelan ini . insya allah dalam artikel selanjutnya saya akan membahas bagaimana cara memperbaiki head cylinder dan apa saja masalah-masalah yang sering terjadi .

Wassalam .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGATASI PERMASALAHAN PADA SILINDER HEAD

Sistem pelumasan mesin

CARA MENGATASI PANAS BERLEBIHAN (OVER HEATING) PADA MESIN