CARA MENGECEK DUDUKAN POROS CRANK SHAFT DAN PENYETELANNYA
Assalamualakum
wr.wb.
Mudahan kita
semua masih diberikan kesehatan serta nikmat supaya bisa membaca artikel ini.Dalam
sebuah mesin yang menjadi kekuatan mesin berumur panjang atau pendek tergntung dalam penyetelan sebuah
poros yang berhubungan menggerakan semua komponen di dalam sebuah mesin .Poros
tersebut adalah CRANK SHAFT (Kruk As) . Kruk as berfungsi sebagai poros utama
didalam sebuah mesin berbahan bakar yang menggerakan komponen utama seperti
piston yang menjadi jantung didalam sebuah mesin .Tentunya kinerja kruk as
sendiri menjadi sangat vital didalam sebuah mesin berbahan bakar ,untuk itu
dalam penyetelan kruk as harus benar-benar teliti dan di perlukan pengukuran
yang sangat tepat . Dalam proses pembersihan komponen kruk as diperukan
ketelitian serta kesabaran karena didalam kruk as terdapat lubang-lubang oli
yang sangat berperan penting untuk pelumasan bantalan supaya kruk as tidak
cepat aus ,dan bantalan pada kruk as (metal)
berguna ketika kruk as mulai aus tidak menyebabkan permukaan kruk as
lecet , karena jika permukaan kruk as lecet maka tidak akan beputar sempurna .
Ketika
permukaan kruk as sudah mulai lecet
otomatis bantalan kruk as tersebut akan aus yang mengakibatkan cepat habis
karena gesekan yang terlalu besar dari kruk as . untuk itu sebaiknya dalam
proses pembersihan kruk as harus benar-benar steril dari bubuk serpihan
bantalan (gram) karena jika dalam proses
pembersihan tidak bersih maka kotoran
yang menempel di dalam lubang-lubang kruk as akan keluar dan bahayanya akan
masuk ke dalam bantalan kruk as tersebut yang mengakibatkan kerusakan pada
permukaannya ,lama kelamaan dudukan
poros kruk as tersebut akan longgar dan akan mengakibatan getaran ketika mesin
sedang di hidupan jika keadaan ini terus dipaksakan maka akan membuat kruk as tersebut menjadi patah
terbagi dua .
Pada perstiwa
tersebut seorang teknisi akan bingung
karena tidak tahu apakah dudukan poros kruk as masih baik atau tidak . Sebagai
tenaga profesional sebaiknya harus bisa membaca alat-alat ukur misalnya
micrometer , dial indicator , sigmat dsb. Karena itu akan sangat membantu
ketika penyetelan mesin agar hasil yang diinginkan akurat dan sesui standar
pabrik . Biasanya seorang teknisi akan membawa blok mesin tersebut ke bengkel
mesin . Orang yang ahli di dibidang ini adalah tukang senter blok .Tukang
senter blok ini biasanya mengetahui bagian mana yang rusak dan bagaian mana
yang mesti diperbaiki . Untuk itu seorang teknisi berpengalaman seharusnya bisa
menguasai cara-cara pengukuran dudukan poros kruk as jadi ketika membongkar
mesin ditempat yang jauh dari bengkel mesin dia setidaknya dapat mengetahui
dudukan poros kruk as sudah longer atau sudah tidak sesuai ukuran atau tidak .
peralatan alat ukur |
Ketika semua komponen sudah di cuci bersih
seorang tekisi yang akan merakit sebuah mesin terlebih dahulu akan meyetel
poros dudukan piston (stang seher) ketika poros stang seher sudah di pasang di
kruk as nya kemudian membuka kembali stang seher tersebut . Itu bertujuan untuk
melihat aliran oli yang mengalir pada banatalan tersebut apakah aliran olinya
sudah merata atau belum , jika belum berarti poros stang seher tersebut terjadi pergeseran akibat terkena dampak
panas gesekan didalam mesin.
proses center selesai |
Sesudah penyetelan pada poros jalan (kruk as
bagaian jalan) selesai maka akan dilakukan penyetelan di bagian dudukan poros
duduk ini juga sama pentingnya karena poros kruk as adalah komponen utama yang
menggerakan bagian utama sebuah mesin berbahan bakar . untuk itu dalam proses
penyetelan ini semua komponen harus benar-benar bersih karena kunci suskes
mesin akan berjalan lancar dan bertahan lama tergantung pada penyetelan bagian
ini dan kebersihannya juga dapat dipertanggung jawabkan .
Itulah sedikit
ilmu tentang cara mengetahui dudukan poros kruk as sudah aus atau masih bisa di
gunakan dan bagaimana cara melakukan penyetelan supaya mesin yang kita rakit
bertahan lama dan bekerja sesuai fungsinya .
Jika pada
kesempatan ini ada yang kurang di pahami
, saya dengan senang hati dapat menjawab keluhan teman-teman semua tentang masalah yang dihadapi dalam proses
penyetelan ini . insya allah dalam artikel selanjutnya saya akan membahas
bagaimana cara memperbaiki head cylinder dan apa saja masalah-masalah yang
sering terjadi .
Wassalam .
Komentar
Posting Komentar