KOMPONEN UTAMA SEBUAH MESIN BERBAHAN BAKAR
Asslammualikum wr.wb,
Perkenalkan
nama saya Wandi Arazi. umur saya 23 tahun saya tinggal di Tasikmalaya . Saya
sedang melanjutkan pendidikan s1 di STT YBS Internasional Tasikmalaya kebetulan
saya sudah bekerja disalah satu perusahaan yang bergerak di bidang perbaikan
mesin seperti corter blok mesin,sleep crank shaft,center blok,rebuild , dan las
bubut . Disini saya mau berbagi ilmu tetang apa yang saya dapatkan selama saya
bekerja .
Dunia OTOMOTIF tidak terlepas dari tentang permesinan . disini
saya akan berbagi sebagian yang saya miliki untuk sekedar berbagi ilmu
pengetahuan tentang permesinan .
Apa itu mesin ? mesin adalah suatu
alat yang bisa dioprasikan oleh seorang operator baik secara personal maupun
secara tim untuk melakukan suatu pekerjaan atau tindakan .
pada kesempatan ini saya akan
membahas tatacara perbaiakan mesin dari yang mulai perbaikan berat sampai yang
berbaikan ringan .
pada dasarnya mesin itu terdiri dari
beberapa komponen inti yang saling berhubungan satu sama lain .
misal nya Blok Mesin .
1. BLOK MESIN
Berfungsi sebagai tempat dimana
suatu komponen saling berhubungan satu sama lain. ini menjadi sangat penting
fungsinya karena jika tidak ada tempat penyimpanan suatu komponen mungkin tidak
dikatan mesin atau tidak memiliki nilai fungsi.
Blok mesin terbuat dari capuran
bahan yang di rancang tahan panas dan benturan serta dipanaskan di suhu
tertentu sehingga menjadi zat cair yang bisa di cetak di suatu objek sehingga
dapat di bentuk sesuai keinginan dan kebutuhan kita sediri yang ingin merancang
sebuah mesin tersebut.
Gambar disamping sebagai salah
satu contoh blok mesin colt diesel PS 100 yang telah selesai di perbaiki lubang
silindernya
2. CRANK SHAFT (Kruk as)
Berfungsi sebagai penggerak utama didalam
sebuah mesin,bisa dikatakan kruk as adalah komponen utama yang sangat
berpengaruh tentang kinerja suatu mesin yang menentukan lama tidaknya suatu
mesin dapat berjalan sebagai mana mestinya.
lni salah satu contoh kruk as (crank
shaft) yang sedang di perbaiki . Biasanya kruk as tersebut di sleep entah
menjadi under size 0,25 , 0,50 , 0,75 , 0,100 . bahkan juga bisa lebih jika
memang ada yang menjual bantalan duduknya(metal) . Tapi kalau menurut saya
untuk sebuah kendaraan besar semisal truk 0,25 sampai 0,50 adalah ukuran under
size yang aman karena jika mengguakan kruk as under size 0,75 0,100 atau lebih
bisa mungkin kruk as tersebut tidak dapat menahan beban yang berat karena
ukurannya lebih kecil dari ukuran normal .Karena untuk spesifikasi kendaraan dengan
muatan yang berat harus sesuai standar pabrik kalau dipaksakan akan terjadi aus
di dalam mesin dan bisa juga kruk as tersebut patah menjadi dua bagian yang
lebih parahnya lagi bisa mengakibatkan blok mesin retak bahkan hancur .
3.PISTON DAN STANG PISTON
Piston adalah sumbat geser yang
terpasang di dalam sebuah silinder mesin pembakaran dalam silinder hidraulik,
pneumatik, dan silinder pompa. Tujuan piston dalam silinder untuk kinerja
sebuah mesin pembakaran adalah: sebagai pembuat kompresi yang padat
di dalam lubang silinder tersebut . dan mengakibatkan suatu mesin dapat menyala
karena di ruang bakar terjadi langkah hisap,langkah kompresi ,langkah kerja
,dan langkah buang .
Ini sebuah piston dan
pegangannya .benda semacam ini yang melakukan langkah kerja di dalam sebuah
pembakaran.
Salahsatu bentuk Piston |
4.SILINDER HEAD
Silinder head adalah tempat sebagai penutup ruang bakar atau
ruang kompresi . pada saat pemasangan silinder head ini di perlukan ketelitian
karena jika terjadi kebocoran pada saat pemasangan yang tidak sempurna akan
menyebabkan kebocoran kompresi bahkan air dan oli bisa bercampur . untuk itu
pada saat pemasangan silinder head harus memakai paking berfungsi mencegah
kebocoran ,kemudian pada saat pengencangan baud juga harus menyilang karenga
jika mengencangkan baud secara berurutan takutnya nanti silinder head tidak
rapat sempurna.
Ini
salah satu contoh bentuk silider head pada mesin bahan bakar bensin.
|
Sekian pemabahsan singkat dari saya
mudah-mudahan dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan tentang permesinan
, dipembahasan selanjutnya saya akan membahas tentang cara penyetelan mesin
yang baik sesuai dengan ukuran yang benar sesuai standar pabrik , jika pada
pembahasan ini ada yang belum di mengerti bisa mengomentari saya dan
kalau ada yang ingin bertanya tentang permesinan saya insya allah menjawabnya .
Wassalam.
Komentar
Posting Komentar