KOMPONEN UTAMA SEBUAH MESIN BERBAHAN BAKAR



      Asslammualikum wr.wb,
      Perkenalkan nama saya Wandi Arazi. umur saya 23 tahun saya tinggal di Tasikmalaya . Saya sedang melanjutkan pendidikan s1 di STT YBS Internasional Tasikmalaya kebetulan saya sudah bekerja disalah satu perusahaan yang bergerak di bidang perbaikan mesin seperti corter blok mesin,sleep crank shaft,center blok,rebuild , dan las bubut . Disini saya mau berbagi ilmu tetang apa yang saya dapatkan selama saya bekerja .
             Dunia OTOMOTIF tidak terlepas dari tentang permesinan . disini saya akan berbagi sebagian yang saya miliki untuk sekedar berbagi ilmu pengetahuan tentang permesinan .
Apa itu mesin ? mesin adalah suatu alat yang bisa dioprasikan oleh seorang operator baik secara personal maupun secara tim untuk melakukan suatu pekerjaan atau tindakan  .
pada kesempatan ini saya akan membahas tatacara perbaiakan mesin dari yang mulai perbaikan berat sampai yang berbaikan ringan .
pada dasarnya mesin itu terdiri dari beberapa komponen inti yang saling berhubungan satu sama lain .
misal nya Blok Mesin .

 1. BLOK MESIN 
Berfungsi sebagai tempat dimana suatu komponen saling berhubungan satu sama lain. ini menjadi sangat penting fungsinya karena jika tidak ada tempat penyimpanan suatu komponen mungkin tidak dikatan mesin atau tidak memiliki nilai fungsi.
Blok mesin terbuat dari capuran bahan yang di rancang tahan panas dan benturan serta  dipanaskan di suhu tertentu sehingga menjadi zat cair yang bisa di cetak di suatu objek sehingga dapat di bentuk sesuai keinginan dan kebutuhan kita sediri yang ingin merancang sebuah mesin tersebut.
 Gambar disamping sebagai salah satu contoh blok mesin colt diesel PS 100 yang telah selesai di perbaiki lubang silindernya 




2. CRANK SHAFT (Kruk as)
Berfungsi sebagai penggerak utama didalam sebuah mesin,bisa dikatakan kruk as adalah komponen utama yang sangat berpengaruh tentang kinerja suatu mesin yang menentukan lama tidaknya suatu mesin dapat berjalan sebagai mana mestinya.
lni salah satu contoh kruk as (crank shaft) yang sedang di perbaiki . Biasanya kruk as tersebut di sleep entah menjadi under size 0,25 , 0,50 , 0,75 , 0,100 . bahkan juga bisa lebih jika memang ada yang menjual bantalan duduknya(metal) . Tapi kalau menurut saya untuk sebuah kendaraan besar semisal truk 0,25 sampai 0,50 adalah ukuran under size yang aman karena jika mengguakan kruk as under size 0,75 0,100 atau lebih bisa mungkin kruk as tersebut tidak dapat menahan beban yang berat karena ukurannya lebih kecil dari ukuran normal .Karena untuk spesifikasi kendaraan dengan muatan yang berat harus sesuai standar pabrik kalau dipaksakan akan terjadi aus di dalam mesin dan bisa juga kruk as tersebut patah menjadi dua bagian yang lebih parahnya lagi bisa mengakibatkan blok mesin retak bahkan hancur .


3.PISTON DAN STANG PISTON
Piston adalah sumbat geser yang terpasang di dalam sebuah silinder mesin pembakaran dalam silinder hidraulik, pneumatik, dan silinder pompa. Tujuan piston dalam silinder untuk kinerja sebuah mesin pembakaran adalah:  sebagai pembuat kompresi yang padat di dalam lubang silinder tersebut . dan mengakibatkan suatu mesin dapat menyala karena di ruang bakar terjadi langkah hisap,langkah kompresi ,langkah kerja ,dan langkah buang . 
   Ini sebuah piston dan pegangannya .benda semacam ini yang melakukan langkah kerja di dalam sebuah pembakaran.
Salahsatu bentuk Piston


4.SILINDER HEAD 
 Silinder head adalah tempat sebagai penutup ruang bakar atau ruang kompresi . pada saat pemasangan silinder head ini di perlukan ketelitian karena jika terjadi kebocoran pada saat pemasangan yang tidak sempurna akan menyebabkan kebocoran kompresi bahkan air dan oli bisa bercampur . untuk itu pada saat pemasangan silinder head harus memakai paking berfungsi mencegah kebocoran ,kemudian pada saat pengencangan baud juga harus menyilang karenga jika mengencangkan baud secara berurutan takutnya nanti silinder head tidak rapat sempurna.


Ini salah satu contoh bentuk silider head pada mesin bahan bakar bensin.













Sekian pemabahsan singkat dari saya mudah-mudahan dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan tentang permesinan , dipembahasan selanjutnya saya akan membahas tentang cara penyetelan mesin yang baik sesuai dengan ukuran yang benar sesuai standar pabrik , jika pada pembahasan ini ada yang belum di mengerti bisa mengomentari saya dan  kalau ada yang ingin bertanya tentang permesinan saya insya allah menjawabnya .


Wassalam.











Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGATASI PERMASALAHAN PADA SILINDER HEAD

Sistem pelumasan mesin

CARA MENGATASI PANAS BERLEBIHAN (OVER HEATING) PADA MESIN